Srikandi-srikandi Bung Karno

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Karno. Beliau adalah salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia, sekaligus presiden pertama Indonesia. Beliau memainkan peranan penting dalam memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda. Beliau adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

Begitu perfectsionisnya beliau sebagai tokoh yang membawa Indonesia ke-Kemerdekaan. Beliau tetaplah seorang manusia yang memiliki kemauan untuk menikahi lawan jenisnya. Tidak cukup satu, beliau menikahi 3 orang perempuan yakni ibu Fatmawati, Bu Inggit, dan Haryati yang ditempatkannya di Istana Bogor. Namun ketika pemugaran makam beliau pada tanggal 21 Juni 1978 muncul beberapa wanita yang mengklaim bahwa dirinya merupakan istri dari soekarno. berikut beberapa wanita yang mengaku sebagai istri dari bung karno.

  1. Yurike Sanger

Yurike sanger adalah salah seorang siswa yang tergabung dalam barisan pagar betis Bhineka Tunggal Ika. Pada waktu itu ditahun 1961, yurike masih duduk di kelas I SMA, diajak temannya yang bernama Dahlia untuk menjadi barisan Bhineka Tunggal Ika. Itulah yang menjadi awal pertemuan antara Soekarno dengan Yurike.

Yurike sang melati dari kampong Poso Manado tidak sia-sia menjadi barisan tersebut. Dia dapat mengusik jiwa Soekarno, dan menjadikannya jatuh cinta padanya. Bung karno orangnya lembut dan mesra menurut yurike.

Pada tahun 1964 mereka menikah. Pernikahannya pun Cuma dihadiri oleh keluarga. Hal ini dikarenakan bung Karno secara mendadak melamar yurike. Namun dari pernikahan ini, yurike tidak mempunyai ketururnan dari bung Karno dikarenakan dia pernah hamil anak pertama bung Karno namun bayinya berada diluar rahim. Sehingga harus dioperasi dan dia tidak diperbolehkan dokter untuk hamil selama 3tahun.

  1. Kartini Manopo

kartini-manoppo-02.jpg

Awal petemuan antara bung Karno dengan Kartini Manopo di pesawat garuda. Pada tahun 1959, pertemuan antara bung karno dengan kartini manopo kembali terjadi. Saat itu kartini diutus untuk pergi keacara Pasifik Festival di San Fransisco sebagai perwakilan dari Indonesia. Sayangnya bung Karno dan Kartini Manopo tidak enikah secara resmi dikarenakan keluarga dari kartni Manopo merupakan pemegang teguh adat dimana anak perempuannya tidak boleh menjadi istri ke-2/ke-3 dst.

Walaupun secara resmi mereka nikah siri. mereka mempunyai anak yang dinamai Totok Suryawan. Bayi tersebut lahir di Jerman. Pada saat kandungan umur 4 bulan, kartini dibawa ke Jerman oleh Bung Karno untuk melahirkan disana. Jadi kurang lebih setaun kartini dan bayinya hidup disana.

Itulah srikandi bung Karno yang hadir ketika pemugaran makam bung Karno di Blitar.

dikutip dari buku “Bung Karno… Perginya Seorang Kekasih, Suami & Kebanggaanku” yang disusun oleh ERKA diterbitkan aneka ilmu Semarang tahun 1978

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s