Pemkot Jaktim dan BPOM Sidak Keamanan Pangan di Pasar Kramat Jati

Jakarta – Tim Jejaring Keamanan Pangan Pemerintah Kota Jakarta Timur menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke PD Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta Timur. Sidak ini dilakukan untuk pengawasan keamanan pangan dan kestabilan harga bahan pokok.

Tim yang terdiri dari gabungan petugas Sudin Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan Jakarta Timur; Sudin Kesehatan Jakarta Timur; dan BPOM ini melakukan penyisiran di PD Pasar Jaya Kramat Jati, Jumat (9/6/2017) mulai pukul 08.30 WIB. Para petugas tersebut berpencar untuk mengambil berbagai sampel bahan pangan untuk diuji laboratorium.

Pemkot Jaktim dan BPOM Sidak di Pasar Kramat Jati.Pemkot Jaktim dan BPOM menggelar sidak di Pasar Kramat Jati. (Ibnu Haryanto/detikcom)

Sampel yang diambil tersebut mulai dari olahan ikan, daging sapi, daging ayam, ikan asin, hingga berbagai jenis olahan krupuk. Selain mengambil sampel bahan pangan, petugas sesekali bertanya tentang harga bahan pokok.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jakarta Timur Syofian Tahir mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kestabilan harga pangan di pasar. Selain itu, sidak ini sebagai bentuk pengawasan keamanan bahan pangan yang dijual di Pasar Jaya Kramat Jati.

“Kita melakukan evaluasi kestabilan harga bahan pokok di pasaran. Serta memastikan tidak ada kandungan zat-zat berbahaya yang dapat merugikan masyarakat,” ungkap Syofian saat ditemui di Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta Timur.
Syofian menjelaskan ada 22 sampel bahan pangan yang diuji di laboratorium. Petugas akan menindak tegas jika terbukti ada kandungan zat berbahaya pada bahan pangan tersebut.

“Nanti kita akan lakukan tindakan sesuai prosedur peraturan daerah. Kita akan tarik barangnya dan kita beri peringatan juga kepada penjualnya,” ucap Syofian.

Hingga saat ini proses uji laboratorium sedang berlangsung. Uji laboratorium tersebut dilakukan di 3 mobil laboratorium keliling.
(idh/idh)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s